Kamis, 20 September 2012

TIPS MENATA BUNGA DI DALAM RUANGAN AGAR SEDAP DI PANDANG MATA ( florist)

1) Pilih spons bunga yang sesuai. Umumnya, spons tahan air adalah untuk bunga segar dan daun-daunan. Sementara bentuk kaku berwarna coklat adalah untuk bunga kering atau plastik.
2) Pikirkan ukuran tempat dimana anda akan meletakkan rangkaian bunganya. Pilih ukuran vas dan bunga dengan tepat. Sebuah vas besar dan bunga yang banyak akan tampak kepenuhan di atas meja yang kecil. Begitu juga sebuah vas kecil dengan bunga yang sedikit akan tampak aneh pada ruang yang besar.
3) Saat anda membuat rangkaian bunga untuk meja makan, buatlah pendek (tidak lebih dari 9” paling tinggi) jadi para tamu dapat berbicara satu sama lain tanpa harus dihalangi oleh vas bunga! Akan tetapi, jika anda membuat rangkaian untuk meja buffet, selalu buat rangkaian pada dinding tiang atau pada vas yang tinggi agar bunganya terihat diantara makanan yang ada.
4) Gunakan bunga pada beberapa tahap perkembangannya, dari tunas sampai sudah mekar. Letakkan tunas paling atas dan di sudut rangkaian, sementara bunga yang terbesar ditengah-tengah rangkaian, lebih condong ke bagian bawah rangkaian untuk membentuk daerah yang penting.
5) Gunakan bunga dan daun-daunan dengan bentuk, warna dan tekstur yang berbeda-beda untuk menghasilkan karya yang menarik.
Umumnya anda membutuhkan 3 bentuk:
bahan yang bentuknya lurus (daun-daun yang lurus seperti daun Iris, Bear Grass, Phormium, dan bunga seperti Liatris, Foxtail Lili dll), umumnya digunakan untuk membentuk bagian luar karya anda;
bahan berbentuk bulat (seperti Carnations, open Roses, Gerberas, dll.), umumnya digunakan sebagai bunga yang menjadi pusat perhatian;
bunga yang di tengah atau bahan pengisi, (seperti Gypsophila, Waxflower, small, ferny foliage) sebagai batu loncatan di antara bahan-bahan lainnya, dan untuk “mengisi”.
Gunakan tekstur yang akan memmberikan sinar yang berbeda-beda pula dan menambah menarik karya anda.
6) Saat menggunakan bunga yang terbuka seperti Mawar, Daffodil, Gerbera dll, cobalah untuk memutar sebagian bunganya di sudut-sudut yang berbeda untuk menunjukkan tampilan yang berbeda pula. Jangan pernah mengatur karya anda menghadap depan – ini membosankan!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar